Makanan yang Mengandung Tinggi dan Rendah Kalium Bagi Ginjal

Kalium atau potasium adalah mineral yang membantu tubuh menyeimbangkan cairan dan mendukung fungsi sel, saraf, dan otot. Senyawa ini ditemukan dalam berbagai tingkat di banyak makanan, terutama buah-buahan dan sayuran. Penting untuk memiliki keseimbangan kalium yang tepat dalam darah, dan kadar umumnya harus tetap antara 3,5 dan 5,0 milliequivalent per liter (mEq/L).

Ginjal adalah sistem penyaringan tubuh, ia membuang limbah dari darah. Jika kamu hidup dengan diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi, ini akan membebani ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal. Penyakit ginjal kronis sendiri adalah hilangnya fungsi ginjal secara bertahap.

Dengan mempertahankan berat badan yang sedang penting untuk mengurangi risiko kondisi ini dan melindungi ginjal. Olahraga teratur dan diet sehat adalah kunci untuk mengatur berat badan. Namun, tidak semua jenis buah dan sayur baik untuk kesehatan ginjal. Salah satu masalah datang dari kalium, karena ginjal mungkin tidak dapat memproses kelebihan kalium, terlebih jika kamu mengidap penyakit ginjal kronis. Makan terlalu banyak kalium dapat menyebabkan kadar kalium yang sangat tinggi dalam darah.

Makanan yang mengandung Kalium TinggiMakanan yang mengandung Kalium Rendah
Ubi Jalar
Bayam
Edamame
Kacang Hitam
Kacang Putih
Kentang
Ubi Bit Merah
Swiss Chard
Labu Kuning
Tomat
Semangka
Air Kelapa
Alpukat
Aprikot
Pisang
Melon
Kiwi
Pasta Tomat
Yogurt
Susu tanpa lemak
Sereal
Blueberry
Raspberry
Cranberry
Apel
Anggur
Pear
Peach
Jeruk
Nenas
Asparagus
Buncis
Kembang Kol
Selada
Jagung
Wortel
Seledri
Mentimun
Terong
Bawang Putih
Lobak
Minyak Zaitun
Biji – bijian
Paprika
Jamur

Jagalah ginjal kalian tetap sehat seperti : Menjaga pola makan, mempertahankan berat badan ideal, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, dengan cara minum air putih yang banyak setiap hari, dan olahraga yang rutin.

Salam sehat ^^

Loading

error: Content is protected !!