Alat Penting Berkebun Bagi Pemula.

Berkebun

Berkebun adalah kegiatan menata dan merawat sebidang tanah yang sebagian atau seluruhnya digunakan untuk menanam tanaman seperti bunga, herbal, atau sayuran. Berkebun dapat dianggap sebagai seni, yang berkaitan dengan penataan tanaman secara harmonis di lingkungannya, dan sebagai ilmu, yang mencakup prinsip dan teknik budidaya tanaman. Karena tanaman sering kali tumbuh dalam kondisi yang sangat berbeda dari lingkungan alaminya, maka perlu menerapkan teknik budidaya yang berasal dari fisiologi, kimia, dan botani tanaman, yang dimodifikasi oleh pengalaman penanam. Prinsip dasar yang terlibat dalam menanam tanaman sama di semua bagian dunia, tetapi praktiknya secara alami memerlukan banyak adaptasi terhadap kondisi setempat.

Selain memilih bibit yang bagus, alat berkebun juga sangat penting untuk mendukung perkebunan kita menjadi lancar. Sangat mudah untuk membeli peralatan berkebun. Sehingga kita terlena, membeli yang terlalu berlebihan atau membeli yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga hanya membeli peralatan tersebut dapat menghabiskan banyak tempat dan menghabiskan banyak uang, jadi tetap fokus pada hal-hal mendasar agar dapat mencegah gudang atau area penyimpanan Anda menjadi terlalu penuh. Selalu ada yang lebih besar dan lebih baik, tetapi membeli peralatan dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan anggaran Anda, dan merawatnya, dapat sangat membantu dalam memaksimalkan investasi Anda.

Berikut adalah peralatan berkebun penting yang akan membantu Anda memulai proyek berkebun :

1. Sarung Tangan

Berkebun adalah pekerjaan yang lebih banyak memakai tangan, bisa menjadi pekerjaan yang merepotkan dan berduri tanpa sarung tangan yang tepat.

Rekomendasi :
➯Harus tahan lama, terutama untuk bekerja dengan benih atau memindahkan bibit.
➯Harus pas pada tangan kita, karena sarung tangan yang tidak pas dapat menyebabkan lecet atau mengakibatkan kecelakaan karena terlepas.
➯Pilihlah bahan sarung tangan yang tahan air, tetapi juga dapat menyerap keringat, akan membantu menjaga tangan tetap sejuk dan nyaman.
➯Manset yang lebih panjang melindungi pergelangan tangan dan lengan bawah dari goresan dan mencegah tanah masuk.
➯Simpan sarung tangan agar terhindar dari sinar matahari, air, dan serangga.

2. Gunting Pemangkas

Pemangkas tangan, juga disebut gunting tanaman, membantu mengendalikan tanaman yang tumbuh tak terkendali.

Rekomendasi :
➯Digunakan untuk kayu mati yang dapat menyebabkan cedera akibat tertimpa batang dan cabang yang masih segar dan hijau.
➯Untuk tanaman hidup dan kayu hijau.
➯Pemangkas harus pas di telapak tangan Anda.
➯Pemangkas ratcheting memberikan kekuatan pemotongan yang lebih tinggi, cocok untuk siapa saja yang memiliki kekuatan tangan yang berkurang atau radang sendi.
➯Untuk pemotongan yang lebih bersih dan mengurangi cedera pada tanaman, pemangkas harus diasah secara teratur.

3. Gunting

Alat pemotong lainnya, gunting pada dasarnya adalah pemangkas bergagang panjang yang digunakan untuk memangkas area yang sulit dijangkau dan memotong cabang yang lebih tebal. Gagang yang panjang memberikan daya ungkit yang dibutuhkan untuk memotong cabang hingga diameter satu inci atau lebih. Ada jenis landasan dan jenis pintas, sama seperti gunting. Gagang umumnya berkisar antara 16 hingga 36 inci.

Rekomendasi
➯Gunting potong bypass lebih presisi dalam lokasi pemotongan daripada gunting model landasan. ➯Gunting potong dengan pegangan yang lebih panjang bisa jadi berat. Ketahui apa yang akan Anda potong dan seberapa jauh Anda perlu menjangkaunya dan dapatkan panjang yang sesuai.
➯Gagang aluminium atau komposit karbon yang ringan bisa lebih ringan. Seperti halnya pemangkas, jaga bilah gunting potong dalam kondisi baik dan asah secara teratur.

4. Garpu Taman

Alat yang efisien untuk membalik tanah, garpu taman dapat menggali tanah padat lebih baik daripada sekop.

Rekomendasi :
➯Garpu dengan sedikit lengkungan pada duri berguna untuk menyendok mulsa atau membalik tumpukan kompos, seperti garpu rumput.
➯Garpu lurus lebih baik untuk menggali; bagus untuk tanah padat, berbatu, atau liat.
➯Garpu persegi lebih kuat daripada garpu datar yang dapat bengkok saat mengenai batu atau akar.

5. Sekop Tangan

Alat tangan yang penting, sekop sangat cocok untuk memindahkan tanaman dan herbal, menanam wadah, dan mencabut rumput liar.

Rekomendasi :
➯Pilih bilah yang lebar untuk memindahkan lebih banyak tanah atau bilah yang panjang dan sempit untuk mencabut rumput liar atau untuk tanah yang berbatu.
➯Pegangannya harus pas di tangan Anda.
➯Sekop yang ditempa dari baja tahan karat, atau setidaknya dengan kepala baja tahan karat, lebih tahan lama dan akan bertahan lebih lama.

6. Sekop

Sekop persegi bergagang pendek ini merupakan pekerja keras di kebun. Alat ini memudahkan pekerjaan menggali lubang untuk tanaman, membuat tepi, mengangkat tanah, dan memindahkan gundukan tanah kecil dari satu area ke area lain. Alat ini mungkin lebih mahal, tetapi sekop yang bagus akan bertahan lama selama Anda berkebun.

Rekomendasi :
➯Tapak di atas bilah memberikan permukaan kaki yang lebih kokoh dan nyaman saat membutuhkan dorongan ekstra.
➯Gagang kayu keras Ash tahan lama dan menyerap guncangan dan getaran.
➯Umumnya tersedia dengan gagang panjang atau pendek. Gagang yang lebih panjang memberikan daya ungkit yang lebih besar, tetapi lebih berat.
➯Kepala baja tahan karat kuat dan tidak akan berkarat.

7. Garu

Saat daun dan serpihan jatuh, garu kokoh Anda siap menyapu bersihnya. Garu tersedia dalam berbagai macam gaya dan ukuran, tetapi yang paling bagus adalah garu daun standar.

Rekomendasi :
➯Garu yang dapat disesuaikan dapat berfungsi sebagai lebih dari satu alat, menjangkau area sempit atau mengumpulkan tumpukan besar daun.
➯Gigi baja lebih kuat dan mungkin lebih kasar pada halaman rumput yang rapuh daripada gigi plastik.

8. Cangkul

Jenis kebun Anda akan menentukan jenis cangkul yang paling cocok untuk Anda. Kebun sayur mungkin memerlukan cangkul yang kokoh dan lebar. Jika Anda memiliki kebun tanaman tahunan, mungkin diperlukan sentuhan yang lebih lembut dan cangkul yang lebih tipis. Cangkul berguna untuk menyiapkan hamparan kebun dan bunga serta memotong gulma.

Rekomendasi :
➯Carilah pegangan yang nyaman dengan jangkauan yang panjang.
➯Pisau yang tajam berfungsi lebih baik dan lebih mudah digunakan.
➯Cangkul penyiangan, juga disebut cangkul hula atau sanggurdi, memiliki kepala persegi terbuka dan didorong maju mundur tepat di bawah permukaan tanah untuk memotong pertumbuhan bagian atas.
➯Cangkul pipih bagus untuk membalik tanah dalam barisan di kebun sayur.

9. Selang Taman dengan Nosel yang Dapat Disesuaikan

Air adalah fondasi kehidupan taman Anda dan penting agar selang taman Anda dapat menjangkau dan menyemprot setiap area. Ada tiga diameter selang dasar : ½ inci (rata-rata 9 galon per menit), 5/8 inci (rata-rata 15 galon per menit), dan ¾ inci (hingga 25 galon per menit). Nosel yang dapat disesuaikan memberi Anda kendali atas tekanan air dan radius semprotan.

Rekomendasi :
➯Perkirakan jumlah panjang yang Anda perlukan untuk selang Anda sebelum membelinya.
➯Panjang selang akan memengaruhi tekanan air – semakin panjang selang, semakin rendah tekanan yang dihasilkan.
➯Selang vinil lebih ringan dan lebih murah, tetapi lebih mudah tertekuk dan tidak bertahan lama seperti konstruksi karet.
➯Simpan selang dalam keadaan melingkar dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Menyimpannya dalam keadaan tertekuk dapat menyebabkan titik-titik lemah.

10. Tongkat Penyiram

Berikan hujan yang lembut pada tanaman Anda dengan tongkat penyiram. Jangkauan yang lebih panjang juga berguna untuk menjangkau wadah yang tersembunyi, tanaman gantung, atau tepi belakang pembatas. Tongkat penyiram tersedia dalam berbagai panjang, dari 10 hingga 48 inci.

Rekomendasi :
➯Pilih panjang yang sesuai dengan kebutuhan Anda – lebih panjang untuk keranjang gantung yang tinggi, lebih pendek untuk ruang yang lebih sempit.
➯Katup penutup bawaan pada gagang menghemat air dan memungkinkan Anda untuk mengatur aliran air.

11. Kaleng Penyiram

Terdapat 2 jenis dasar kaleng penyiram, plastik atau logam. Ada ratusan gaya, warna, ukuran, dan pilihan nosel.

Rekomendasi :
➯Kaleng plastik mungkin lebih ringan daripada logam, tetapi tidak akan bertahan lama.
➯Kaleng logam harus digalvanisasi agar tidak berkarat.
➯Pertimbangkan ukuran kaleng yang relatif terhadap kekuatan Anda, satu galon air beratnya hanya lebih dari 8 pon.
➯Posisi pegangan harus memungkinkan Anda untuk membawa kaleng penuh dan juga memiringkannya agar mudah dituang.
➯Desain dengan dua pegangan memungkinkan stabilitas yang lebih baik untuk anak-anak atau tukang kebun yang sudah tua.
➯Anda mungkin memerlukan dua: yang lebih besar dengan kepala penyiram untuk di luar ruangan, dan yang lebih kecil, versi berleher panjang untuk tanaman hias.

12. Gerobak Sorong

Jika halaman belakang Anda memiliki tanah ekstra yang harus dipindahkan, kompos atau mulsa yang perlu ditambahkan ke bedengan taman, atau proyek pengangkatan dan pemindahan berat lainnya, gerobak dorong dapat membantu Anda mengangkut ratusan pon!

Rekomendasi :
➯Gaya tradisional dengan pegangan ganda dan roda tunggal dapat lebih sulit untuk menyeimbangkan beban yang berat atau tidak merata.
➯Model roda dua dengan pegangan tunggal lebih mudah untuk diseimbangkan, lebih baik bagi mereka yang memiliki kekuatan terbatas atau saat melewati medan yang tidak rata.
➯Gerobak dorong dengan pegangan tunggal dapat didorong atau ditarik dengan satu tangan.
➯Jaga agar roda tetap mengembang dengan benar agar lebih mudah didorong.

Loading

error: Content is protected !!