Arti Cakra dan Bagiannya

Setiap tubuh manusia itu memiliki pusat-pusat energi yang disebut dengan cakra. Istilah “cakra” ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘roda’ atau ‘lingkaran’. Sementara itu, jika berkaitan dengan filsafat Hinduisme, cakra dianggap sebagai pusat energi metafisik dan/atau biofisis yang ada di dalam diri setiap manusia.

Cakra itu memiliki 3 kelompok, yakni : cakra utama, cakra biasa, dan cakra mini. Berikut adalah pembahasannya.


1. Cakra Utama

Suatu cakra yang memiliki sumber energi di dalamnya. Dapat disebut sebagai cakra penggerak energi sehingga karakteristiknya pun berbeda dari 2 kelompok lainnya. Dalam cakra utama ini, memuat 7 karakter yakni:

  • Cakra Dasar (Muladhara): memiliki energi yang sangat lembut dengan garis energi yang besar dan tidak putus-putus. Hal ini sebagai penggambaran dari konsep energi roh. Cakra ini terletak di dasar tulang belakang manusia. Ini memberi manusia dasar atau fondasi untuk hidup, dan membantu manusia merasa membumi dan mampu menahan tantangan. Cakra ini bertanggung jawab atas rasa aman dan stabilitas seseorang.
  • Cakra Sex (Svadisthana): memiliki energi yang hampir mirip dengan Cakra Dasar, hanya saja besaran energinya lebih kecil. Hal ini sebagai penggambaran dari konsep energi jiwa. Cakra ini terletak tepat di bawah pusar manusia. Cakra ini bertanggung jawab atas energi seksual dan kreatif seseorang. Ini juga terkait dengan bagaimana manusa berhubungan dengan emosi sendiri dan emosi orang lain.
  • Cakra Solar (Manipura): memiliki energi yang jika dilihat seperti grafik rumput. Hal ini sebagai penggambaran dari konsep energi fisik manusia. Cakra yang terletak di daerah perut ini bertanggung jawab untuk kepercayaan diri dan harga diri, serta membantu manusa dalam mengendalikan hidupnya sendiri.
  • Cakra Jantung (Anahata): memiliki energi yang sangat kompleks. Hal ini sebagai penggambaran dari konsep energi Illahi. Cakra ini terletak di dekat jantung manusia tepatnya di tengah dada. Cakra ini bertanggung jawab untuk semua tentang kemampuan kita untuk mencintai dan menunjukkan kasih sayang.
  • Cakra Tenggorokan (Visuddha): berupa kesadaran jiwa. Cakra ini terletak di tenggorokan manusia. Cakra ini ada hubungannya dengan kemampuan kita untuk berkomunikasi secara verbal.
  • Cakra Mata ketiga (Ajna): berupa kesadaran alam semesta. Cakra ini terletak di antara mata manusia. Cakra jenis ini bekerja untuk insting yang kuat. Hal ini karena mata ketiga bertanggung jawab atas intuisi. Selain itu, Cakra ini juga terkait dengan imajinasi manusia.
  • Cakra Mahkota (Sahasrara): berupa kesadaran Illahi. Cakra jenis ini terletak di bagian atas kepala manusia. Cakra ini mewakili hubungan spiritual seseorang dengan diri sendiri, orang lain, dan alam semesta. Selain itu, Cakra ini juga berperan dalam tujuan hidup.

2. Cakra Biasa
Cakra yang mengiringi Cakra Utama. Biasanya, memiliki “spesialisasi” sebagai pendukung dari Cakra Utama supaya dapat berguna sebagaimana mestinya.

3. Cakra Mini
Cakra yang berada di sekujur tubuh manusia dan berperan sebagai penguat dari Cakra Utama. Maka dari itu, jenis cakra ini akan mengalirkan energi-energinya ke nadi manusia maupun energi keluar dari atau ke dalam tubuh.

Fungsi Cakra

  • Sebagai tempat menampung energi
  • Sebagai tempat keluarnya sumber energi
  • Sebagai penggerak energi

Loading

error: Content is protected !!